Penderita HIV/AIDS Disebut Berisiko Terpapar Covid-19

Rabu, 30 September 2020 : 19.52
Ilustrasi positif Covid-19/Foto: ist

Trenkini.com - Tidak hanya bagi masyarakat umum saja yang ternyata berisiko terpapar Covid-19 bila abai dengan protokol kesehatan, tapi bagi Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) juga berisiko terpapar Covid-19.

Dari keterangan Pusat Kajian Lingkungan Hidup (PKLH) Universitas Negeri Padang (UNP) dr. Elsa Yuniarti, S. Ked, M. Biomed, AIFO-K menjelaskan, soal penyebaran virus Covid-19 sejatinya siapapun bisa terpapar tanpa terkecuali bila tidak menerapkan protokol kesehatan.

Ia menyebutkan dari data yang diperoleh menyebutkan bahwa kematian akibat Covid-19 rentan terjadi pada orang yang imunitas atau daya tahan tubuhnya menurun, termasuk itu orang dengan HIV/AIDS.

"Di Padang masih berada di zona merah artinya Padang berisiko tinggi terjadi penyebaran Covid-19. Nah protokol kesehatan adalah hal utama yang harus diterapkan, tidak hanya bagi ODHA saja, tapi semua orang," tegasnya, Rabu (30/9/2020).

dr. Elsa menjelaskan dari profil kesehatan Provinsi Sumatera Barat tahun 2018, Kota Padang masih sebagai daerah tertinggi kasus HIV/AIDS dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Dikatakannya melihat dari data Dinkes Sumatera Barat untuk Kota Padang di tahun 2018 lalu mempunyai data HIV tertinggi dibanding daerah-daerah lain di Sumatera Barat dengan persentase 194,8 persen.
Untuk itu sangat penting juga bagi Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) menjalankan protokol kesehatan Covid-19, walau mereka rutin menjalani ART (Antiretroviral Treatment).

"Sebab bagaimanapun ODHA memiliki risiko lebih besar terinfeksi virus corona lebih tinggi. Tapi bukan berarti yang lain tidak berisiko, intinya adalah patuhi protokol kesehatan itu," tegas dr Elsa yang juga sebagai Dosen Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNP ini.
Bagikanlah
Sebelumnya
Berikutnya

0 komentar :

Copyright © 2020 Trenkini.com | #beritatrending - All Rights Reserved