Ini Alur Penerimaan Pasien Covid-19 di Semen Padang Hospital

Senin, 28 September 2020 : 20.55
Semen Padang Hospital yang ada di jalan Bypass Padang. Foto: ist

Trenkini.com - Masing-masing pihak rumah sakit memiliki alur untuk penerimaan pasien Covid-19. Seperti halnya di Semen Padang Hospital yang merupakan miliknya PT Semen Padang juga memiliki alur untuk penerimana pasien Covid-19.

Kepala Bagian Layanan Medis SPH, dr Selfi Farisha menjelaskan alur penerimaan pasien di SPH hanya menerima pasien Covid-19 rujukan dari puskesmas maupun rumah sakit lainnya.

Penerimaan pasien dari rumah sakit lainnya, dilakukan melalui aplikasi Sistem Rujukan Terpadu (sisrute) dari Kemenkes. Sedangkan dari puskesmas, alurnya melalui PIC SPH. 

"Kalau untuk SPH, saya sendiri PIC nya. Kalau rumah sakit kita penuh, maka kita informasikan ke puskesmas dan puskesmas kemudian berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan Covid-19 lainnya," katanya. 

Menurutnya, kalau semua rumah sakit penuh, barulah pasien diminta untuk isolasi mandiri di rumah dan tempat isolasi yang disediakan oleh pemerintah.

Saat ini di SPH, tambah dr Selfi, ada 64 pasien Covid-19 yang dirawat. Perawatan pasien Covid-19 sampai sembuh di SPH bervariatif. Menurut data average lenght of stay (ALOS) pada Agustus kemarin, rata-rata pasien yang dirawat di SPH sampai sembuh selama 19 hari.

"Ada juga pasien positif Covid-1 yang dirawat selama 3 hari, bahkan sampai 70 hari, tergantung berat ringannya keluhan dan ada atau tidaknya penyakit penyerta di tubuh pasien. Selain penyakit penyerta, usia juga mempengaruhi berat ringannya keluhan penyakit yang diderita pasien," ujarnya. (relis)

Bagikanlah
Sebelumnya
Berikutnya

0 komentar :

Copyright © 2020 Trenkini.com | #beritatrending - All Rights Reserved